Mengapa Perlu Pemimpin?

Mengapa Harus Ada Pemimpin?

Apapun organisasinya, formal atau informal, pasti mempunyai tujuan atau cita-cita yang ingin dicapai terlepas baik atau buruknya organisasi itu. Untuk mencapai tujuan tersebut maka organisasi membutuhkan seseorang yang memiliki kecerdasan dan kemampuan untuk mengelola dan menggerakan sumber daya organisasi yang serba terbatas yaitu 5-M: man (manusia), machine (mesin atau alat kerja), material (bahan utama dam pendukung); method (metode atau sistim) dan money (keuangan / biaya), dengan WAKTU yang terbatas tetapi mampu menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan organisasi dimasa kini dan dimasa akan datang. Seseorang itu namanya disebut PEMIMPIN. Jadi itulah alasannya mengapa pemimpin harus ada disuatu organisasi. Jika tidak ada pemimpin maka sudah dapat dipastikan akan sangat sulit mencapai visi atau tujuan organisasi sesuai tenggat waktu yang ditetapkan.

Tidak adanya pemimpin, maka organisasi kesulitan memiliki strategi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Pemimpin sebelum menentukan strategi, terlebih dahulu melakukan analisis internal dan eksternal organisasi. Pemimpin organisasi akan menentukan visi, misi dan target organisasi berdasarkan data-data hasil analisis internal dan eksternal organisasi. Pemimpin menjabarkan visi organisasi dengan cara memformulasikan, mengimplementasikan dan mengendalikan strategi sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Jadi pemimpin diperlukan untuk membuat strategi yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.

Tidak ada pemimpin akan sangat sulit meminta pertanggungan-jawab organisasi. Jika tidak ada pemimpinnya maka masing-masing pihak yang ada didalam organisasi akan berjalan sendiri-sendiri sesuai kemauannya dan gayanya masing-masing sehingga mudah sekali memicu konflik kepentingan yang tidak ada akhirnya. Jadi sangat sulit siapa yang akan bertanggungjawab tentang hasil dari organisasi, masing-masing pihak akan saling mengakui hasil kerjanya jika baik hasilnya, tetapi akan saling menuding dan menyalahkan jika hasilnya buruk. Pemimpin harus berani bertanggungjawab atas segala aktivitas yang dilakukannya untuk mencapai tujuan organisasi

Jika tidak ada pemimpin, problem-problem organisasi sangat sulit dipecahkan karena tidak ada yang mau bertanggungjawab, akibatnya organisasi akan mengalami kesulitan mencapai tujuannya. Pemimpin melihat permasalahan itu secara menyeluruh dan terintegrasi sehingga proses pemecahan masalah akan lebih efektif. Pemimpin juga akan mempercepat proses pengambilan keputusan atas pilihan-pilihan alternatid solusi yang ada dan berani mengambil tanggungjawab atas resiko hasil keputusan tersebut.

Jika tidak ada Pemimpin maka sumber daya yang terbatas akan sulit dikelola dengan baik. Umumnya Pemimpin mampu menentukan skala prioritas atas dasar pertimbangan ketersedian sumber daya dan waktu yang terbatas. Hanya pemimpin yang punya kepercayaan diri dan ketegasan mampu membuat skala prioritas dan berani melaksanakan apa yang diyakini.

Jika tidak ada pemimpin, maka ada potensi konflik dalam team kerja. Pemimpin akan memberikan arahan dan tujuan yang jelas kepada semua anggota organisasi. Pemimpin akan menolong menentukan peran masing-masing anggotanya dalam mencapai tujuan organisasi. Pemimpin menjelaskan setiap peran itu penting dan memberikan kontribusi yang besar dalam pencapaian organisasi. Pemimpin menjelaskan keterhubungan dan keterikatan semua peran dalam team dan dampaknya jika ada yang gagal memberikan kontribusi dalam team. Pemimpin juga akan memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh anggota team agar fokus kepada tujuan dan target organisasi.

Print Friendly, PDF & Email



Great Leadership

Confirm Running
Januari, 22-23, 2018

Design KPI For HR Department

Confirm Running
Januari, 17-18, 2018

Training Need Analysis (TNA) i

Confirm Running
Januari, 29-30, 2018

Integrated Supply Chain Finance

Confirm Running
Januari, 10-11, 2018

General Affairs (GA) Professional

Confirm Running
Januari, 25-26, 2018

Effective Leadership

Confirm Running
Januari, 04-05, 2018

Brand Marketing Strategy

Confirm Running
Januari, 04-05, 2018

Complaint Handling Management

Confirm Running
Januari, 04-05, 2018

Bank Garansi Surety Bond Standby L/C

Confirm Running
Januari, 23-24, 2018

System Pengembangan Job Grading

Confirm Running
Januari, 25-26, 2018

Zero Defect Through Poka-Yoke

Confirm Running
Januari, 15-16, 2018

Cash Flow & Treasury Management

Confirm Running
Januari, 04-05, 2018

Negotiation Skill For Business

Confirm Running
Januari, 25-26, 2018

Logistics Management: Operation & Control

Confirm Running
Januari, 15-16, 2018

Corporate Secretary

Confirm Running
Januari, 24-25, 2018

Six Sigma Quality: Green Belt Training

Confirm Running
Januari, 24-25, 2018

Supply Chain Management (SCM)

Confirm Running
Januari, 30-31, 2018