Book By Johnson Alvonco

Bank Devisa

Bank Devisa

Overview

Fungsi utama didirikannya bank adalah mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya  dalam bentuk kredit. Tumbuh, berkembang, serta  profit taking merupakan goal utama dari suatu bank, dimana pendapatan terbesar dari usaha perbankan adalah perolehan bunga dari kredit yang disalurkan. Selain itu , bank juga mempunyai sumber pendapatan lainnya selain dari sektor kredit, yaitu berupa Fee Based Income, termasuk diantaranya pendapatan dari transaksi valuta asing  (jual beli valuta asing serta transaksi valuta asing lainnya / Trade Service)

Sektor industri Perbankan memiliki   berbagai macam produk dan jasa keuangan yang berhubungan   dengan transaksi valuta asing    mulai   dari jual beli    valuta asing serta transaksi  valuta asing lainnya, diantaranya : transaksi eksport-import, transaksi/perdagangan internasional /Trade Service, semua ini disiapkan oleh sektor industri perbankan untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.  Ditengah persaingan   yang semakin ketat dan pesat saat ini, sektor industri  perbankan   dituntut untuk  lebih  berpacu agar dapat  bersaing dengan para   Competitor lainnya, baik untuk transaksi dalam negeri  (rupiah)  maupun untuk transaksi  luar negeri (valuta asing),  dan ini semuanya merupakan peluang besar bagi bank itu sendiri sehingga  dapat memberikan pendapatan bagi bank / Fee Based Income selain pendapatan utama dibidang kredit.

Dalam usaha  memenuhi kebutuhan para pelanggan, ditengah persaingan yang semakin ketat  dan  pesat saat ini,  menjadi bank devisa nampaknya adalah suatu pilihan yang tepat untuk meningkatkan performance suatu bank.  Namun ada beberapa pertanyaan yang perlu kita kaji lebih dalam yang berhubungan dengan Performance Bank Devisa itu sendiri, diantaranya ,

  • apakah benar bank-bank yang semula bank non devisa sudah mampu memanfaatkan peluang ini setelah bank tersebut menjadi bank devisa ?,  
  • apakah sebaiknya semua bank non devisa segera menjadi bank devisa saja ?
  • apakah malah sebaliknya tidak perlu menjadi bank devisa ?
  • bukankah risiko menjadi bank devisa itu menjadi bertambah besar, sehingga mengakibatkan risiko kerugian pun menjadi besar pula ?.

Demikianlah, begitu banyak pertanyaan pertanyaan yang muncul dalam benak kita. Kalau memang benar   menjadi bank   devisa itu baik,  bagaimana seharusnya memanfaatkan peluang ini, sehingga benar-benar meraih kesuksesan yang diharapkan sehingga  dapat memberikan pendapatan bagi bank / Fee Based Income selain pendapatan utama dibidang kredit.

Yang pada akhirnya , setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan sebuah bank umum non devisa akan menjadi bank devisa dengan perolehan  izin dari pihak Regulator (Bank Indonesia / Otoritas Jasa Keuangan/OJK) .

Segala bentuk persiapan harus dipersiapkan secara baik dan terorganisir, baik SOP,  sistem dan prosedur, peralatan, buku pedoman kerja/manual, teknologi, infrastruktur lainnya, sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidang Trade Service/transaksi bank devisa , networking dengan bank koresponden, membangun hubungan dengan nasabah-nasabah , semuanya harus dibangun.  Membangun dan mengkoordinasikan hal-hal seperti ini bukanlah hal mudah,   oleh karena  itu dibutuhkan kompetensi dari sumber daya manusia, kerja keras, kerja tim dengan effort yang cukup tinggi disertai dengan komitmen dari semua pihak untuk dapat mensukseskan semua ini.

Training  “ Bank Devisa “ merupakan suatu pelatihan yang  dirancang   dengan   metode serta  aktivitas training   yang berfokus   pada    realita    keadaan yang  pada umumnya  banyak   dialami   oleh bank umum yang sudah menjadi Bank Devisa  maupun   bank umum   yang sedang  dalam proses menjadi  bank devisa, untuk  peningkatan kompetensi sumber daya manusia  dalam    menghadapi   transaksi valuta asing dan perdagangan internasional. Dengan Narasumber yang memiliki pengalaman,  kompetensi  dibidang   keuangan/perbankan      selama 25tahun    (eks Bank Mandiri) , baik   sebagai    Kepala Cabang, Corporate Trainer maupun sebagai Pejabat Pemutus  Kredit. Pelatihan   ini    memberikan    wawasan,   cara,   metode,     strategy,   skills,  serta “ How to develop Human Resources Competence for transaction in  Foreign Exchange Bank and International Trade Transaction

Manfaat Training :

  • Peserta memiliki wawasan, pemahaman tentang Konsep Dasar Bank Devisa
  • Peserta memiliki pengetahuan tentang produk produk, jasa dan transaksi valuta asing  dari Bank Devisa
  • Peserta memahami dan dapat memenuhi kebutuhan nasabah atas berbagai macam transaksi yang berhubungan dengan transaksi keuangan dan perbankan secara
  • Peserta mampu memahami dan dapat memenuhi kebutuhan nasabah  atas berbagai macam  transaksi perdagangan,  eksport-import , model/metode   cara pembayaran serta hal-hal lain yang berhubungan dengan  transaksi keuangan dan perbankan secara 
  • Peserta mampu  mempersiapkan serta meningkatkan kompetensi dalam hal transaksi yang berhubungan dengan Bank Devisa , baik untuk dirinya sendiri maupun secara tim dalam melayani dan memenuhi berbagai macam permintaan nasabah yang berhubungan dengan  transaksi keuangan dan perbankan secara  Internasional dan dapat diimplementasikan didalam pekerjaan sehari-hari

Materi :

  • Foreign Exchange Bank Environment
  • Foreign Exchange Bank Basic Concept
  • Foreign Exchange Bank Definition & Benefits
  • Foreign Exchange Bank Products
  • The Role of Foreign Exchange Bank in International Trade
  • Foreign Exchange Bank in International Payment Methode
  • Foreign Exchange Bank in International Trade by Letter of Credit L/C
  • Country Risk Knowledge

Target Peserta :

Para pihak terkait yang membutuhkan pelatihan ini.

Pembicara / Fasilitator :

  • Mulyadi Tutuk SE, MP, CPC.

Tanggal Pelaksanaan (Bisa Request)

04-05  Januari  2024
13-14   Februari 2024
25-26  Maret 2024
15-16  April 2024

27-28  Mei 2024

11-12  Juni 2024

15-16   Juli 2024

13-14   Agustus 2024

16-17  September 2024

08-09  Oktober 2024

07-08  November 2024

16-17  Desember 2024

Jam Pelaksanaan:

  • 09.00 – 16.00 WIB / Sesuai Request

 Metode Training & Tempat :

  • Offline Training (Hotel Jakarta, Bali, Jogja, Surabaya, Bandung, dll)
  • Online Training (By Zoom di utamakan, sesuai request)
  • Hybrid Training (Online & Offline/ Onsite)

Fee Training (Jakarta) :
Rp. 5.500.000,-/ orang (Online Training)
Rp. 5.950.000,-/ orang (Offline Training 2 hari)
Rp. 9.000.000,-/ orang (Offline Training 3 hari)

Private Training:
Rp. 8.000.000,-/ orang (PASTI RUNNING)

Fee Training (Luar Kota):
Rp. 12.000.000,-/ orang (PASTI RUNNING BALI, BANDUNG, JOGJA DLL)
Rp. 8.500.000,-/ orang (kirim 1-5 peserta)
Rp. 8.000.000,-/ orang (kirim diatas 5 peserta)
Inc : Seminar Kit, Certificate, Lunch, Snack, Souvenir

INFORMASI
Registrasi, hubungi :
Johnson Indonesia – Training Center
Nur Lela/ Komariah/ Nisa/ Dinda/ Mumun 
Telp. (021) 54391216, Nur Lela 0823 1246 2517

E-mail:

[email protected]

[email protected]

Website:

https://www.johnson.co.id

https://www.seminarjohnson.com

DOWNLOAD BROSUR

FORM REGISTRASI

    Kode Training

    Topik Training

    Tanggal Training

    Lokasi Training

    Tipe Permintaan

    Peserta yang didaftarkan

    Nama

    Jabatan

    Metode Pembayaran

    Pesan

    Enrroled By:

    Nama

    Email

    Nama Perusahaan

    Jabatan

    Telp Kantor

    Fax

    No. Hp

    Note

    Kirim Salinan Form ke Email saya

    captcha
    Masukkan kode diatas:

    Print Friendly, PDF & Email

    <
    <
    <
    <

    JADWAL FIXED TRAINING






    VIDEO JOHNSON