Book By Johnson Alvonco

BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

BUSINESS PROCESS MODELING WITH BPMN TOOLS

DESKRIPSI :

Setiap organisasi yang berorientasi pada profit ataupun services masih berkutat pada penguatan fungsi struktur organisasi yang diwakili dalam hal ini oleh departemen masing-masing. Begitu pekerja ditempatkan di dalam departemennya, maka ia seringkali menganggap bahwa departemennya  tersebut merupakan batasan dimana ia harus berada. Hal ini mengakibatkan komunikasi antar departemen sangat terbatas. Anggota departemen hanya melakukan tugas yang menjadi tanggung jawab departemennya, tidak fokus pada proses input atau output yang mengalir dari atau ke customer – nya, baik untuk internal ataupun external customer, sehingga sering mengabaikan komunikasi informal dengan departemen lain (Requirements and feedback) yang berakibat terjadinya Functional Silos di dalam organisasi bisnis tersebut.

Saat ini telah terjadi perubahan dari memandang sebuah perusahaan sebagai beberapa departemen menjadi fokus pada proses bisnis yang dilakukan. Pimpinan perusahaan ataupun departemen yang bertanggungjawab pada suatu proses harus mampu membuat pemodelan proses bisnis agar dapat mengetahui proses – proses yang sudah ada bekerja, mengetahui proses apa yang harus dikerjakan dan kaitannya dengan proses yang lain, membantu memastikan konsistensi dalam pelaksanaan proses dan yang paling penting dapat mengidentifikasi masalah dan kelemahan proses bisnis yang ada sehingga dapat dikembangkan proses yang lebih baik.

Dengan membuat pemodelan proses bisnis dengan tool BPMN (Business Process Modeling Notation) berarti ada usaha untuk memperbaiki proses dan berarti juga akan memperbaiki bisnis organisasi tersebut

MANFAAT TRAINING :

  • Memahami proses bisnis secara umum dalam konteks organisasi dan mengetahui fenomena functional silos yang terjadi pada organisasi
  • Mengetahui proses-proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi dengan rangkaian aktifitas utamanya yang terhubung ke dalam sistem informasi.
  • Mengetahui komponen-komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis dan klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  • Memahami perbaikan proses bisnis dan tools yang digunakan dalam pembuatan dokumentasinya.
  • Mengetahui manfaat memperbaiki proses bisnis dan pengertian pemodelannya.
  • Mengetahui komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis dan tujuan pembuatan pemodelannya.
  • Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  • Menyelesaikan 3 (tiga) study kasus secara mandiri.

MATERI TRAINING  :

  • Proses bisnis secara umum
  • Proses bisnis konteks organisasi.
  • Fenomena functional silos pada perusahaan.
  • 3 (tiga) proses bisnis yang ada dalam setiap organisasi.
  • 5 (lima) kegiatan manajemen organisasi yang terhubung ke dalam information system.
  • Hubungan antara proses bisnis, information system dan aktifitas utama management.
  • 5 (lima) komponen kunci pemicu kejadian proses bisnis.
  • 3 (tiga) klasifikasi utama dalam proses bisnis.
  • Perbaikan proses bisnis metode ESIA :
    • Eliminate
    • Simplify
    • Integrate
    • Automate
  • Tool-tool dokumentasi proses bisnis :
    • Relationship Mapping
    • Flowchart
    • Cross-Functional Flowchart
    • Work-Flow Chart
  • Manfaat – manfaat memperbaiki proses bisnis.
  • Definisi Pemodelan Proses Bisnis (Business Process Modelling Definition):
    • Flow Diagrams
    • Concerned With ‘Mapping’ and ‘Workflow’
    • Sequence of Activities
    • Events, Actions And Links
    • Sequence & Organizational Operations
  • Komponen-komponen yang harus ada dalam pemodelan proses bisnis :
    • Business actor
    • Business worker
    • Association and generalization relation
    • Business entity
    • Business use case diagram
    • Activity diagram
    • Organization unit
  • Tujuan pembuatan pemodelan proses bisnis.
  • Mengetahui tahapan – tahapan pembuatan pemodelan proses bisnis
  • Pemodelan proses bisnis dengan metode REAL :
    • Resources
    • Events
    • Agents
    • Locations
    • Cases Study

TARGET PESERTA :

Pimpinan Departemen, Pimpinan organisasi atau Perusahaan, Departemen IT

Team Trainer Johnson Indonesia :

  • Erawan Supriyatna

Tanggal Pelaksanaan :

Tahun 2021 :

18-19 Januari 2021

15-16 Februari 2021

09-10 Maret 2021

06-07 April 2021

27-28 Mei 2021

28-29 Juni 2021

06-07 Juli 2021

02-03 Agustus 2021

01-02 September 2021

05-06 Oktober 2021

01-02 November 2021

21-22 Desember 2021

Jam Pelaksanaan :

09.00 – 16.00 WIB

Tempat :
Alternatif Hotel: Ibis Group, Oria, Amos Cozy, The Park Lane, Harris Group, hotel lainnya yang akan kami konfirmasi kemudian

Metode Training :

  • Offline Training (Di Hotel / Johnson Training Center)
  • Online Training (Special By One Get One Free)

Fee Training (Jakarta):

Rp. 12.000.000,-/ orang (Offline & Online Training)

Fee Training (Luar Kota):

Rp. 12.000.000,-/ orang (kirim 1-5 peserta)

Rp. 10.000.000,-/ orang (kirim diatas 5 peserta)

Inc : Seminar Kit, Certificate, Lunch, Snack, Souvenir

INFORMASI

Registrasi, hubungi :

Johnson Indonesia – Training Center

Nur/ Komariah/ Ria/ Nisa

Telp. (021) 541 9152/ 541 7516, Hp: 0815 972 5020 /0821 1303 4540

E-mail:

[email protected]

[email protected]

Website:

Website:

https://www.seminarjohnson.com

https://www.johnson.co.id

Print Friendly, PDF & Email

<
<
<
<
<

JADWAL FIXED TRAINING
Customer Loyalty Management

Confirm Running
September, 19-20, 2022

Agile Leader in Vuca Situation

Confirm Running
September, 20-21, 2022

Vendor Management

Confirm Running
September, 26-27, 2022

Purchasing & Procurement Management

Confirm Running
September, 14-15, 2022

Leading and Managing Cost Reduction Strategy
September, 19-20, 2022

General Affairs Professional

Confirm Running
September, 12-13, 2022

Balance Scorecard & KPI Design

Confirm Running
September, 28-29, 2022

Cash Flow & Treasury Management

Confirm Running
September, 22-23, 2022

Lean Six Sigma White Belt

Confirm Running
September, 28-29, 2022

Cash Management

Confirm Running
September, 19-20, 2022

Basic Multifinance Business

Confirm Running
September, 14-15, 2022

Strategic Thinking

Confirm Running
September, 29-30, 2022

Neuro Lingustic Programing (NLP) At Work & Change Mindset

Confirm Running
September, 27-28, 2022

Digital Marketing

Confirm Running
September, 22-23, 2022

Effective Leadership

Confirm Running
September, 29-30, 2022

Effective Communication

Confirm Running
September, 22-23, 2022

Whistle Blowing System (WBS)

Confirm Running
September, 20-21, 2022

Innovation Strategy

Confirm Running
September, 21-22, 2022







VIDEO JOHNSON